REKSADANA TURUN DRASTIS, JANGAN PANIK

REKSADANA

Investasi Reksadana adalah Investasi penyelamat masa depan, Investasi ini kurang begitu akrab ditelinga orang awam, Tidak seperti investasi Emas dan investasi saham.
Jika anda ingin mengetahui banyak tentang Reksadana sedetail-detailnya, cari saja di Reksadana wikipedia, disitu  mengulas tuntas tentang Reksadana, diantaranya Reksadana syari'ah, Reksadana online, Reksadana saham, Reksadana BCA, Mandiri,BRI dan lain sebagainya.
Jumlah Investor reksadana di Indonesia saat ini kurang dari 1% dari jumlah penduduk Indonesia, ketinggalan jauh dari negara lain, apalagi dengan negara maju seperti Singapore dan USA karena mereka sudah melek Investasi.
Masyarakat belum sadar benar, kalau Investasi itu sangat penting, Ingat kita hidup ini tidak selamanya kuat, sehat,berkecukupan. Tapi ada kalanya kita akan mengalami kekurangan, penyakit, cobaan dan yang pasti  akan terjadi  masa pensiun yang tidak bisa dihindari, apapun pekerjaanya kecuali 1 yang tidak pernah pensiun yaitu Orang yang berInvestasi,selama ada barang ataupun uang yang diinvestasikan maka akan mendapatkan keuntungan sampai akhir hayatnya.

BIJAK DENGAN REKSADANA

Menjalankan Investasi reksadana itu sangatlah mudah, Bisa dilakukan oleh siapa saja seperti : Ibu rumah tangga,pelajar yang sudah mempunyai KTP, Mahasiswa, Karyawan, Pejabat, Artis dll.
Persyaratan daftar Reksadan sangat sederhana, diantaranya :
  • KTP
  • Rekening Bank
  • NPWP
Sebelum kita bermain reksadana, pelajari dulu tentang reksadana yang akan kita pilih, bisa melalui tutorial youtube ataupun website di mesin pencarian, jangan lupa dibaca prospektusnya.
Pilihlah jenis Reksadana yang sesuai dengan mental kita, apakah mental kita kuat menghadapi resiko kerugian yang sangat tinggi ataukah sebaliknya. kalau anda kuat menerima resiko yang tinggi, silahkan anda pilih Reksadana saham.
Reksadana saham disamping resikonya tinggi, Returnyapun sangat besar , jadi sebanding dengan resikonya. Tapi kalau mental anda kacangan sebaiknya pilih Reksadana Pasar uang atau reksadana pendapatan tetap yang tingkat kerugianya sangat kecil, dan reksadana ini sangat setabil karena turun naiknya sedikit.

Memilih Reksadana juga harus ada tujuanya, jangka panjang atau jangka pendek.Kalau uang kita dimasukan di reksadana dengan niatan kurang dari 1 tahun sebaiknya reksadana pasar uang yang dipilih, lebih dari 1 tahun Reksadana pendapatan tetap, kalau uang itu akan diambil sekitar 3 sampai 5 tahunya lagi, silahkan anda ambil reksadana campuran.Dan yang terakhir Reksadana saham, Reksadana ini untuk jangka panjang yaitu diatas 5 Tahun.Reksadana itu bisa dicairkan kapan saja, hari ini kita daftar besok dicairkan juga bisa dengan memakan waktu pencairan 3 sampai 7 hari terhitung dari tanggal penjualanya.

Kita harus bijak dengan Reksadana, makanya pikirkan dulu masak-masak sebelum masuk reksadana, apakah kita punya dana cadangan setelah kita memasukan uang direksadana, jadi seperti tadi yang baru saja diulas, hari ini beli dan besok jual, saya rasa yang macam itu akan merugikan kita sendiri, karena investasi reksadana itu ada biaya pembelian ada juga biaya penjualan, sedangkan tidak mungkin harga reksadana akan naik ke harga yang sangat tinggi dalam 1 hari, semuanya perlu proses.

 HARGA REKSADANA TURUN , JANGAN PANIK

NAB Reksadana setiap hari berubah, kadang naik kadang turun bisa dilihat di Infovesta dan angka-angka itu akan ditutup setiap jam 13.00 .
Saya ambil contoh diri saya sendiri; saya punya Reksadana yaitu Reksadana Campuran dan Reksadana Saham dan didaftarkan pada bulan ,Tahun yang sama.Kalau saya tanya pada anda, mana retunnya yang lebih besar, pasti anda jawab Reksadana saham. Tapi pada kenyataanya Reksadana campuran yang lebih besar kenaikanya, bahkan yang Reksadana saham mengalami kerugian saat ini karena sudah dibawah modal pokok yang saya Investasikan.Tapi saya mengerti dan tidak perlu panik, karena yang dipilih itu saham, dan reksadana saham itu untuk jangka panjang, bisa jadi tahun ini turun dan tahun depan naik tinggi sekali.

REKSADANA TURUN DRASTIS, JANGAN PANIK
Investasi Reksadana itu sebaiknya bertahap jangan sekaligus. Pada saat tulisan ini ditulis Reksadana saham turun drastis , kalau kita tidak tahan banting pasti stress memikirkanya, uang yang kita investasikan kok ruginya banyak sekali. Tapi kalau kita bijak menghadapinya, apa yang harus kita lakukan, Kita beli Reksadana disaat turun drastis bukanya kita pusing.Dan kalau dirata-ratakan itu bisa menghilangkan kerugian.Ingat yang namanya Reksadana itu naik turun jadi disaat harga Reksadana turun "beli",disaat harga reksdana naik "jual", Tapi kalu urusan jual tergantung kitanya karena kedua-duanya menguntungkan, kalau dijual akan mendapatkan keuntungan dan kalau dipertahankan akan mendapatkan keuntungan juga dan mungkin lebih berlipat ganda kenaikan NABnya
Berinvestasi janganlah satu tempat, sebar investasi kita untuk mengurangi resiko kerugian yang tinggi.

REKSADANA ONLINE

Berbagai macam cara untuk menjalankan Investasi, bisa datang langsung ke manager Investasi, Agen penjual yaitu Bank,atau secara online.
Kalau untuk pemula yang belum banyak mengetahui reksadana danTidak paham Internet ataupun takut transaksi lewat internet, sebaiknya datang langsung ke manager Investasi ataupun Bank yang ditunjuk,Tetapi anda harus siap antri dan sangat lama melakukan transaksi lewat APERD/Bank, baik pendaftaran,pembelian/T0p up,penjualan atau transaksi lainya.Tapi bagi yang suka kemudahan cukup dengan Transaksi online, hanya didepan komputer kita bisa Transaksi. Setiap hari bisa kita pantau hasil Investasi kita.

Jangan takut bertransaksi online karena apa;
  •   penggantian pin secara berkala
  •  konek dengan email, jadi ada transaksi apapun ada pemberitahuan lewat email.
  • Penjualan dan pembelian unit penyertaan harus menggunakan Rekening Bank si pemilik reksadana.Beda dengan perbankkan , para hacker bisa tarik uang di bank dengan posisi diluar negeri, sedangkan Reksadana transaksinya harus didalam negeri dan masa pencairanya memerlukan waktu 3 sampai 7 hari, jadi kalau ada transaksi tidak sah bisa kita stop dan kita laporkan ke manager Investasi asal kita selalu memantaunya dan selalu buka email setiap hari.
Baca juga : INVESTASI REKSADANA INVESTASI PALING JEMPOLAN

                   INVESTASI PENYELAMAT MASA DEPAN


Semoga artikel ini bermanfaat, kalau berkenan silahkan di share
Happy blogging...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "REKSADANA TURUN DRASTIS, JANGAN PANIK"

Post a Comment