MENGATASI SITEMAP YANG ERROR PADA WEBMASTER

Mengatasi Sitemap yang error pada webmaster-Sitemap itu bahasa Inggris kalau bahasa Indonesianya Peta Situs. Fungsinya untuk memberikan gambaran kepada pengunjung, Sitemap itu isinya konten blog atau website. Kalau sitemap kita bagus dan tersusun rapih akan baik buat SEOnya dan mesin pencari akan mudah mengindexnya.

Cara submit sitemap ke google webmaster itu kelihatanya sangat mudah, Tapi kadang-kadang banyak juga kendalanya dan sering gagal, kegagalan itu terjadi karena robot txt tidak bisa diunduh yang ada di dasar situs.
Submit Sitemap yang gagal ataupun statusnya masih pending, akan berakibat fatal pada pengindexan blok kita, sehingga jumlah pengunjungpun akan turun drastis.

CARA SUBMIT SITEMAP

Mungkin teman-teman ada yang belum tahu cara membuat peta situs untuk website atau blog.Caranya yaitu daftar dulu ke google console/webmaster tools, Yang sudah punya akun langsung saja masuk, Kemudian ikuti langkah-langkahnya yang diminta yaitu masukan alamat web, selanjutnya memferivikasi dan ada beberapa pilihan, silahkan teman-teman pilih salah satunya, diantaranya dengan menggunakan meta tag.
Setelah pendaftaran selesai masuk lagi kehalaman dashbor, pilih menu perayapan dan anda klik peta situs/sitemap, Disebelah kanan dashbor ada menu berwarna merah yaitu Tambahkan/uji peta situs, silahkan anda klik dan masukan kode ini "http:namablog.blogspot.com/sitemap.xml" .
Untuk blogspot biasanya mudah sekali submit sitemap ke webmaster tapi kalau blogspotnya sudah ganti ke TLD biasanya sering error.Jadi jika teman-teman yang menggunakan TLD dan submit sitemapnya selalu error, bisa juga menggunakan cara ini.
Masuk dulu ke dashbor blog > setting > search preferench > custom redirect, lalu klik edit, kemudian di kolo
m from isi dengan /sitemap.xml dan kolom TO isi dengan /atom.xml , lalu centang "permanent" dan yang terakhir save changes.Kemudian anda kembali lagi ke dashbor webmaster dan cek lagi apakah sudah terindex, kalau masih gagal juga coba gunakan kode ini satu persatu.
  • http://namablog.blogspot.com/atom.xml
  • http://namablog.blogspot.com/atom.xml?ridirect=false
  • http://namablog.blogspot.com/feeds/post/default
  • http://namablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100


Baca juga : ARTIKEL BLOG ANDA AKAN MANTAP JIKA MENGGUNAKAN ALAT INI

Saya juga pernah mengalami kegagalan submit sitemap, semua cara sudah saya lakukan, kemudian saya minta bantuan ke rumah web.com yang punya hosting, ternyata sangat mudah sekali mengatasinya.Waktu itu saya daftarkan ke webmaster menggunakan https dan gagal terus , setelah diganti dengan http langsung saja terindex.Jadi untuk teman-teman yang sedang mengalami kegagalan tolong di cek kembali mungkin ada kesalahan dalam penulisan, karena 1 huruf saja salah, maka sitemap tidak akan terindex. Dan setelah terindex tidak langsung bisa dirayapi seluruhnya jadi google perlu waktu untuk merayapinya, dan sebelum postingan terindex penuh biasanya akan terjadi penurunan jumlah pengunjung, Dan ini yang kita takutkan  submit sitemap dengan status pending dengan masa waktu yang tidak diketahui kapan sitemapnya di index.
Dan kalau kita menambahkan properti ke google console dan sudah tidak digunakan lagi sebaiknya hapus saja di google webmaster atau google console.

Baca juga :  CARA MEMBUAT DISCLAIMER DAN PRIVACY POLICY PALING MUDAH UNTUK BLOG

Semoga artikel ini bermanfaat dan membawa solusi untuk para blogger  yang sedang membutuhkanya, dan  yang selalu gagal submit sitemap.Jangan pernah putus asa untuk mencoba
Wassalam
happy blogging

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MENGATASI SITEMAP YANG ERROR PADA WEBMASTER"

Post a Comment