JADI BLOGGER JANGAN LUPA DARATAN

Kegiatan blogging sekarang ini semakin menjamur dan persainganpun semakin ketat, karena membuat blog itu sangat mudah tidak perlu teknologi yang tinggi , sehingga siapapun bisa melakukanya, baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan,Ibu rumahtangga, pejabat, pengangguran bisa melakukanya.
Tujuan mereka ngeblog berbeda-beda, ada yang tujuanya sekedar curhat ataupun catatan pribadi tapi di share ke publik, ada juga tujuanya untuk berbagi ilmu/ berbagi manfaat kepada para pembaca, saya kira ini tujuan ngeblog yang paling mulia, ada juga yang ikut-ikutan trend, dan yang paling banyak adalah ngeblog itu buat cari uang melalui publisher google adsense/ dengagan mengikuti program affiliasi.
Seorang blogger itu harus kreatif, karena seorang blogger harus membuat artikel untuk mengisi blognya.
 Cara membuat artikel :
  •  Membuat tulisan sendiri/original
  •  Menyalin tulisan di wikipedia, dengan cara merubah kalimat dengan bahasa sendiri, sehingga  kalau kalimat itu di cek di tools plagiarisme tetap hasilnya uniqe, bukan jiplakan
  •  Beli artikel dari orang lain
Ada juga cara-cara kotor membuat artikel
  •  Copy paste artikel orang lain
  •  Menyeken artikel dari majalah, buku-buku karangan orang lain.
Cara-cara ini adalah melanggar hak cipta, sebaiknya jangan ditiru, walaupun di ceknya lolos plagiarisme tool. Saya sendiri pernah mencoba menjiplak dari sebuah buku yang tulisanya sangat menarik, saya jiplak full yang berisi 500 kata lebih, setelah saya cek menggunakan plagiarisme tool ternyata hasilnya uniqe  100 % original, tetapi itu hanya percobaan karena tidak saya pasang di blog, karena hati kecil saya menolak, itu sama saja mencuri karya orang, karena menjiplak bulat-bulat.

JADI BLOGGER HARUS BISA MEMBAGI WAKTU

Ngeblog itu kegiatan yang menyenangkan, apalagi kalau sesuai dengan minat kita. Kalau sudah mulai ngeblog kadang kadang lupa waktu, apalagi bagi pemula, waktu itu terasa kurang terus dan kayanya cepat berlalu, 1 hari 24 jam terasa kurang cukup, apalagi kalau ada masalah dengan blognya . sehingga harus memperbaiki kesalahan dan harus browsing kesana-kemari untuk mencari solusi, kadang sampai seharian enggak dapat-dapat. Para blogger pemula biasanya waktunya habis buat baca-baca , browsing, ganti template tiap hari . dan sedikit sekali menghasilkan karya atau tulisan, jadi banyak waktu yang terbuang.
Kalau sudah mengurusi blog biasanya lupa segala-galanya, lupa makan, menangguhkan kewajiban yaitu sholat, menomer dua kan istri, karena setiap hari yang diurus blog, sedangkan istri jarang diperhatikan karena seluruh waktunya fokus buat ngeblog.
Cobalah  kebiasaan itu perlahan diperbaiki, bagilah waktu, buat keluarga kita, lingkungan kita, ibadah kita, kesehatan kita, walaupun sebagian waktunya yang banyak buat ngeblog.
Ngeblog penuh antusias dan semangat itu memang baik, tapi jangan merusak segalanya, yang punya istri perhatikan juga istrinya, yang punya pacar perhatikan juga pacarnya. memang ngeblog itu butuh waktu yang lama apalagi bagi pemula, mungkin kalau kita bujangan/ pengangguran bisa full waktunya buat ngeblog.
Saya sendiri hampir-hampir seperti itu, lupa daratan, apalagi kalu blog kita banyak masalah, berhari-hari mencari solusi tanpa produktifitas sehingga tak 1 pun artikel yang didapat.

JADI BLOGGER JANGAN LUPA DARATAN

BLOG SAYA BUAT KELUARGA TAPI TIDAK DENGAN MENTERLANTARKAN KELUARGA

Kalau kita baca di berbagai tulisan, salah satunya adalah ngeblog itu harus konsisten.Apapun yang dilakukan secara konsisten akan menghasilkan hasil yang baik, tapi hasil yang baik juga harus di barengi dengan keseimbangan dan kelarasan / tidak merusak faktor lainya. Diantara tujuan ngeblog itu adalah untuk mendapatkan penghasilan dan caranya memang harus kerja keras dan fokus, tapi kita harus ingat kita ini punya keluarga , kita ini hidup bermasyarakat, kita juga punya Agama, jadi selain  kita fokus pada blog , yang lainya juga jangan ditelantarkan terutama keluarga, kita juga perlu sosialisasi , sosialisasi dengan lingkungan di sekitar.
Jadilah bloger yang sejati, yang mempunyai penghasilan yang banyak dari blog, yang bisa membahagiakan keluarganya dan berhubungan baik dengan lingkunganya dan tetap taat dengan agamanya walaupun banyak kesibukan.

Baca juga : JADWAL NGEBLOG YANG DI BERKAHI

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan saya yakin banyak blogger mengalaminya, semoga artikel ini bermanfaat.
Trima kasih atas kunjunganya ke blog ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "JADI BLOGGER JANGAN LUPA DARATAN"

Post a Comment