8 CARA PINTAR MENGATUR KEUANGAN

Sebagi pekerja, penghasilan sebesar apapun tidak akan merasa cukup, apalagi kalau kebutuhan kita masih banyak yang belum dipenuhi. Sedangkan kebutuhan hidup setiap hari semakin meningkat.
Terkadang kita sudah merasa bekerja keras tetapi utang juga semakin menumpuk. Tentunya kita tidak ingin terus-terusan terperosok dalam lembah kemiskinan dan kekurangan.
Dan inilah beberapa tips mengatur keuangan :

1. BUAT TUJUAN KEUANGAN
Tujuan kita bekerja keras adalah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, seperti; rumah, sawah, atau kendaraan. Tujuan itu sangat penting untuk memotivasi kita supaya tambah semangat dalam mencari uang.

2. ATURLAH PENGELUARAN
Aturlah pengeluaran sesuai dengan pos-posnya, sesuaikan dengan pendapatan kita, utamakan kebutuhan yang sangat penting seperti; makanan, perumahan, transportasi.

3. JANGAN TERGODA DENGAN DISCON DAN OBRAL
Di super market, mall dan pusat perbelanjaan lainya sering diadakan diskon/obral besar-besaran yang membikin orang kepincut, ini adalah trik mereka untuk menarik para pelanggan, agar barang daganganya cepat laku. Dalam menghadapi seperti ini, kita harus bisa memilih dan memilah, mana kebutuhan dan mana keinginan, mana yang prioritas mana yang tidak penting, disinilah kita dituntut menjadi orang bijak dalam mengelola keuangan.

4. PERIKSA PENGELUARAN PRIBADI
Cek semua pengeluaran kita, yang tidak penting bisa dipangkas, seperti makan diluar, jalan-jalan, nonton, shoping yang berlebihan. Atur kembali pengeluaran , pisahkan mana yang penting dan mana yang tidak penting.

5. MENCARI BARANG YANG SERUPA DENGAN HARGA YANG LEBIH MURAH
Harga di satu toko dengan toko lainya itu kadang berbeda-beda, jika kita mendapati tokoh yang lebih murah sebaiknya kita beralih ke toko tersebut, dan itu bisa mengurangi pengeluaran kita.

6. CARI USAHA SAMPINGAN
Usaha sampingan itu sangat penting untuk berjaga-jaga, seandainya kita terkena pemutusan hubungan kerja/phk, kita masih mempunyai pendapatan dari sumber lain, dan kita tidak akan panik dan kaget jika itu terjadi menimpa kita secara dadakan.

7. MULAI MEMBUKA USAHA SENDIRI
Berwira suasta adalah cara yang cepat untuk meningkatkan pendapatan kita yang lebih banyak dan lebih terkontrol. Dengan membuka lapangan kerja sendiri, sekaligus kita juga bisa mempekerjakan orang lain, dan itu bisa membanggakan karena kita bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain.

Jika kita ingin kaya maka kita harus bisnis, bukan jadi pegawai, kalau jadi pegawai itu penghasilanya bisa ditebak, tapi kalau bisnis penghasilan kita tidak bisa ditebak, tapi semakin kita ulet dan pandai maka penghasilan kita pun akan mudah sekali naik. kalau anda bersikeras ingin tetap menjadi pegawai juga ingin kaya, caranya mudah yaitu anda harus rajin berinvestasi, karena dengan investasi harta kita akan berkembang.



8 CARA PINTAR MENGATUR KEUANGAN

8. JANGAN TAKUT UTANG
Utang kadang-kadang menjadi bumerang, tapi utang juga bisa dijadikan penolong dan pendongkrak kesuksesan kita. Utang yang baik adalah utang yang dijadikan sebagai modal usaha kita, sehingga uang dari hasil utang tadi bisa dikembang biakan menjadi omset yang besar dan bisa berputar terus. Dan jika utang itu sudah menghasilkan dengan profit yang tinggi, maka kita akan ketagihan utang. dan utang itu bisa menjadi sesuatu yang indah yang bisa mengubah kehidupan kita ke arah yang lebih baik.Semakin besar kita berhutang untuk modal maka semakin besar pula pendapatan kita. Kalau pendapatan kita sudah mencukupi maka kita sudah menjadi orang yang bebas finansial, cita-cita ini yang didambakan setiap orang dalam hal keuangan.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan dengan benar, semoga bermanfat dan trimakasih telah mengunjungi blog ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 CARA PINTAR MENGATUR KEUANGAN"

Post a Comment