MAULUD NABI MUHAMMAD DIKAMPUNG-KAMPUNG

Maulid Nabi bisa disebut juga Milad atau hari lahir yang selalu dirayakan di seluruh penjuru Dunia, Kaum muslimin sangat antusias sekali disaat datangnya Maulid dan banyak seremoni ataupun peringatan dilaksanakan baik dikampung maupun dikota. Itu semua adalah sebagai bukti cintanya kaum muslimin terhadap Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan umat manusia di penjuru Dunia.

 PERINGATAN NABI MUHAMMAD
Peringatan Maulud Nabi Muhammad di kampung-kampung lebih meriah lagi, karena dipadukan dengan adat setempat, contohnya Malam bulan purnama tepatnya malam ke-12 mulud , ada acara mandi-mandian 7 sumur yang dilakukan oleh anak kecil sampai orang dewasa dan itu dilakukan setelah sholat magrib sampai tengah malam, benar-benar meriah sehingga membuat jalanan diseluruh kampung menjadi basah.
Masih melekat kepercayaan dikampung tentang mandi-mandian di 7 sumur yang dianggap sumur paling tua dikampungnya akan membawa kebaikan dan dijauhkan dari keburukan.
Adajuga kepercayaan lain yaitu dilarang potong kuku dan potong rambut sebelum tanggal 12 mulud / bahasa jawanya PELAL.

BACAAN MAULID NABI
Di bulan Rabiul Awal umat islam di anjurkan banyak membaca sholawat untuk nabi Muhammad SAW . Sholawat itu sama dengan Doa , jadi kita do'a kan Nabi kita ,Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya supaya diberi kesejahtraan dan keberkahan oleh Allah SWT .
Tujuan kita banyak membaca sholawat supaya kita diberi syafaat diaherat nanti.

Dalilnya adalah "Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikatnya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."(QS.Al-ahjab(33):56).

Dari tanggal 1 sampai 12 Rabiul awal setiap malam di bacakan Marhabanan di Masjid dan Musolah-Musolah sehingga di malam hari terasa meriah .

CERAMAH MAULID
Di perkampungan semua musolah dan masjid selalu mengadakan berbagai acara peringatan maulid Nabi yang puncak acaranya adalah pengajian Akbar dan mendatangkan Penceramah.
Antusias umat muslim sangat tinggi dalam memeriahkan peringatan maulid  Dan berdatangan di pengajian-pengajian untuk mendengarkan ceramah Maulid Nabi .
Ceramah Maulid Nabi sudah pasti temanya tentang NABI MUHAMMAD SAW.

Nabi Muhammad lahir pada hari senin tanggal 09 rabiul awal tahun gajah, sampai saat ini kaum muslimin melaksanakan puasa sunah senin dan itu ada hubunganya dengan kelahiran nabi muhammad, tapi ada sebagian zumhur ulama mengatakan tanggal kelahiran nabi SAW adalah tanggal 12 rabiul awal.Nabi muhammad SAW dilahirkan dimuka bumi ini bertujuan untuk menyempurnakan ahlak manusia dari jaman kegelapan kejaman yang terang benderang.
Kita sebagai umat Nabi Muhammad yang lahir dijaman modern ini harusnya banyak bersukur, karena bisa melaksanakan Ibadah dengan nyaman, nikmat tidak ada intimidasi tidak ada yang menghalangi ibadah kita dan seharusnya dengan keadaan serba enak ini bisa membuat kita khusu dalam beribadah . Karena kita semua tahu buah dari kekhusuan itu adalah ahlakul karimah cocok sekali dengan tujuan Allah menurunkan Nabi Muhammad ke muka bumi ini yaitu menyempurnakan akhlak manusia.

Semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad yang selalu kita adakan akan membawa kebaikan, keberkahan bagi umat Islam dan kita semua mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di aherat nanti .

Semoga tulisan ini bermanfaat....................................Amiin


 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MAULUD NABI MUHAMMAD DIKAMPUNG-KAMPUNG"

Post a Comment