GAS ELPIJI 3 KILOGRAM SERING MENGHILANG, TERNYATA

Gas Elpiji 3 kilogram sering menghilang, Itu bukan sesuatu yang aneh, karena semua lapisan masyarakat menggunakanya.

kemana hilangnya Tabung gas elpiji 3 kilogram dan apa penyebabnya sehingga stocknya cepat habis  ?

Tabung gas 3 KG sampai saat ini masih disubsidi pemerintah, sehingga harganya jauh lebih murah daripada tabung gas 5.5 KG dan 12 KG yang non subsidi.
Sekarang sudah dikeluarkan tabung gas 5.5 KG berwarna ping sebagai pengganti tabung gas  3 KG .

Penyebab sering langkanya tabung gas 3 kilogram diantaranya ;

  • Pertamina membatasi pasokan ke distributor, sehingga distributor juga membatasi penyaluran ke agen-agen resmi gas LPG, Dan ada  wacana gas elpiji 3 Kg akan ditarik dan dibatasi sehingga hanya diperuntukan untuk orang-orang miskin. Dan sebagai penggantinya adalah gas elpiji 5.5 kg.
  • Ada segelintir pengusaha jail yang mengambil kesempatan demi keuntungan pribadi, sudah bukan rahasia lagi , di Televisi dan di koran koran sering menyinggung masalah pengoplosan Gas tabung 3 kg ke Tabung 12 kg.kalau dihitung-hitungkan lumayan besar untungnya, Gas 3 kg bersubsidi dimasukan ke tabung gas 12 kg non subsidi dijual dengan harga mahal non subsidi .
  •  Banyak pengecer / warung-warung penyedia gas elpiji yang licik, Gas yang datang  ke agen biasanya hari itu juga habis diserbu para pengecer dan para pengecer nakal biasanya menyimpan gas-gas itu separuh dan dikeluarkanya nanti disaat stok gas habis dimana-mana lalu mereka menaikan harga gas itu seenaknya, Para pembeli tidak bisa berbuat banyak dan suka , tidak suka harus di beli karena mereka sangat membutuhkanya.

Gas elppiji 3 kg itu sampai sekarang masih menjadi primadona karena bentuknya kecil dan harganya murah, juga sangat praktis terutama untuk pedagang keliling yang selalu di bawa-bawa kemana aja pergi.

Ternyata kelangkaan Gas elpiji 3 kg ini bersifat Nasional, Walaupun daerah setempat terdapat Pertamina selaku perusahaan pemasok gas, tetap aja sama dengan daerah lain yang jauh dari pertamina , Disaat gas habis daerah dekat pertamina juga sama mengalami kesusahaan untuk mendapatkan gas elpiji.

Ada kalanya Pertamina juga mengadakan operasi pasar bekerja sama dengan pemerintah setempat sebagai pelaksananya. terutama Desa-Desa ring 1  Pertamina/Desa penyangga Pertamina yang di prioritaskan.
Kalau ada acara seperti ini biasanya masyarakat berduyun-duyun untuk mendapatkanya , apalagi harganya sangat murah melebihi agen resmi elpiji.
Cara membelinya memakai persasyaratan yaitu harus membawa KK supaya teratur,jatah 1 KK yaitu 1 tabung Tapi namanya juga masa ada aja yang mengambil kesempatan, 1KK ada yang dapat 3, mereka punya tabung 1 tapi bisa pinjam tabung yang kosong ke warung .

Masalah kelangkaan Gas 3 kg ini sudah lama terjadi, penyebab utamanya adalah  Gas tabung 3 kg sampai saat ini masih disubsidi. Kalau subsidinya dicabut mungkin keadaanya lain, seperti gas 12 kg di warung -warung belum pernah kosong, disebabkan karena tidak ada suntikan subsidi sehingga harganya mahal.
Tapi kalau gas 3 kg di cabut subsidinya yang kasihan itu masyarakat kecil / orang miskin , yang sangat terbantu dengan subsidi itu.

GAS ELPIJI 3 KG SERING MENGHILANG, TERNYATA
Gas Elpiji 5.5 kg mulai diluncurkan dengan harga gas pertabung sebesar Rp 65.000 , bandingkan dengan gas 3 kg Rp 18.000, sangat jauh sekali harganya kalu kita bagi rata perkilonya.
Di kampung-kampung biasanya ada yang namanya RASKIN yang artinya beras miskin, BLT ( bantuan langsung tunai )juga diperuntukan untuk orang miskin, Di tabung gas 3 kg ada tulisan "hanya untuk masyarakat miskin". Tapi kenyataanya ke tiga-tiganya diserang semua oleh orang kaya.
Sebagai contoh ;
  • Pembagian BLT, banyak yang antri dikantor pos untuk pengambilan BLT dengan memakai perhiasan emas yang banyak, mempunyai rumah yang bagus dan punya sawah lagi
  • Pembagian RASKIN , jatah nya 5 kg untuk orang tak mampu , tapi orang kaya ikut juga ambil jatah lebih dari ketentuan karena join dengan panitianya.
  • TABUNG GAS 3 KG, orang kaya itu mempunyai tabung gas 3 kg lebih dari satu , karena untuk serep , jadi disaat gas 3 kg habis ada serepnya, tp orang miskin hanya 1 tabung gas, sehingga disaat habis mereka kebingungan mencari, karena stock dimana-mana habis.Padahal tujuan dikeluarkanya gas 3 kg itu di peruntukan bagi masyarakat miskin.
Semoga seringnya kelangkaan gas di negeri ini cepat teratasi oleh pemerintah , sehingga tidak ada lagi keresahan yang berkepanjangaan.

Kalau berkenan dengan tulisan ini tolong di share.
Happy Blogging...





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "GAS ELPIJI 3 KILOGRAM SERING MENGHILANG, TERNYATA"

Post a Comment