INSULATOR ASAL INDRAMAYU DIAKUI DUNIA

Insulation adalah sebuah pekerjaan membungkus / menutup / memprotek suatu barang atau Item seperti pipa, Tangki, dan Instrument lainya  , Disebuah Industri atau proyek .supaya instrumen - instrumen tsb yang mengeluarkan panas atau dingin ( es ) , bisa diredam atau di tahan dengan matrial isolasi sehingga tidak membahayakan manusia ,  tidak membahayakan instrumen industri dan juga untuk memperlancar operasional mesin di dalam kilang. disamping itu pekerjaan solasi juga sebagai keindahan sebuah proyek . Dan yang mengerjakannya namanya Insulator.

Kami tinggal dikampung solasi, Kenapa disebut kampung solasi ? karena mayoritas penduduk kampung ini bekerja sebagai tukang solasi ( Insulator ). Bekerja dibidang solasi itu kurang enak dan kurang nyaman karena matrial yang kita gunakan bisa bikin kita gatal - gatal jika kontak dengan kulit. Tapi mau bagaimana lagi pekerjaan ini adalah warisan dari nenek moyang dan cuma pekerjaan ini yang kita kuasai , jadi suka tidak suka , harus kita jalani walaupun ini bukan pasion kita .

Indramayu adalah gudangnya Isolasi, Kalau kita bekerja di proyek di daerah lain, dari pulau sumatra sampai ke Papua yang ada pekerjaan solasinya pasti ada orang Indramayunya , walaupun sekarang ini dari daerah lain juga banyak yang pintar di pekerjaan tsb.
Daerah-daerah yang mulai banyak orang solasinya diantaranya ; Sumedang, Cianjur, Purwakarta, Rembang, Bumi Ayu,Cilacap, Gresik, Tuban, Pasuruan, Paiton. Itu yang di pulau jawa .Yang di luar jawa ; Bontang, Palembang, Duri.Dll.
Pekerjaan isolasi masuk ke kampung kami sekitar tahun 70an, itu juga cuma segelintir orang yang menekuni pekerjaan itu .Kebetulan di tempat kami ada proyek pertamina dan ada job Isolasinya yang di pegang perusahaan jepang, mereka merekrut karyawan dari masarakat setempat . Dan di situlah terjadi transfer ilmu atau Transfer teknolagi dari orang Jepang ke orang lokal , sehingga sampai sekarang pekerja isolasi asal Indramayu sangat maju pesat.


TTP adalah salah satu perusahaan solasi tertua di Indonesia dan sampai sekarang masih menjadi perusahaan solasi terbesar . dan salah satu pendirinya berasal dari Indramayu dan juga beberapa staffnya , sehingga dalam perekrutan karyawan sebagian besar dari Indramayu. Perusahaan ini Linknya banyak baik didalam maupun di Luar negeri, sehingga tidak pernah kosong Job.Selain perusahaan-perusahaan dari Jakarta ada juga perusahaan lokal seperti ; Charlie Insulation , Romai Group , PT Gopak, PT Bony Insulation dan DOEL INSULATION.
DOEL INSULATION ini sering menangani proyek besar dan cukup sukses dan selalu On Schedule.

INSULATOR INDRAMAYU MELANGLANG BUANA
KULI PROYEK itu jarang ada di rumah, kalau jaman dulu mungkin seperti pendekar yang selalu mengembara ke berbagai tempat untuk mencari ilmu kanuragan, Tapi kalau jaman sekarang yang dicari itu Rupiah dan Dolar, makanya dimanapun ada job solasi baik di dalam negeri maupun luar negeri selalu di kejar kalau Ratenya sesuai . Banyak tempat di bumi Nusantara ini yang sudah kami datangi dari pulau Sumatra, Jawa, sulawesi, Kalimantan, Bali , Nusa tenggara sapai ke Papua sudah kita jelajahi, Itu semata-mata karena tugas orang proyekan, yang harus dijalani.Berbulan-bulan bahkan sampai 1 tahun lebih setiap kita berangkat, jauh dari kampung halaman dan jauh dari keluarga.Dan itu sudah menjadi rutinitas.Orang dikampung kami setelah lulus SMA, yang tidak melanjutkan kuliah , biasanya langsung buru-buru bikin pasport untuk persiapan melamar pekerjaan di luar negeri sebagai TKI.

BERANGKAT KE MALAYSIA
Malasia adalah negara tetangga yang tidak pernah berhenti membangun, Disana banyak sekali proyek yang menyerap banyak tenaga kerja. dan penduduk tempatan tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di segala bidang, sehingga harus mendatangkan tenaga kerja skill dari negara lain. Diantaranya tenaga dibidang isolasi dari Indonesia. dan kebanyakan Insulatornya berasal dari Indramayu.Ada ratusan orang Indramayu yang bekerja di negeri Jiran itu sebagai Insulator dan sudah belasan tahun bolak-balik ke Malasia.Di daerah Bintulu Sarawak selalu ada proyek besar seperti ; LNG, SHELL dan pabrik kimia lainya, didaerah itulah banyak pekerja Indramayu ada disana. Selain daerah Sarawak, banyak juga didaerah lain seperti ; johor , klantan, KL,Malaka
dan banyak tempat lainya. yg jelas di daerah Industri .
Malasia itu negara sahabat dan tetangga, Yang menurut kami banyak resehnya. Kalau didaerah Sarawak yang kita takutkan premanya , karena sudah terbukti banyak kejadian penusukan ,perkelahian dan Tawuran . kita sebagai pendatang kadang-kadang was-was padahal jumlah kita banyak.
Insulator Asal Indramayu diakui DuniaKalau didaerah semenanjung yang ditakutkan itu Polisnya, disana sering ada rajia dadakan, cara pemeriksaan mereka sangat kasar, kadang mereka main pukul .Jadi kita yang berada disana harus selalu siap dan komplit Dokumenya, dan polisi sana sering mungut duit, kadang-kadang preman juga ngaku-ngaku jadi polis untuk mengelabuhi para pendatang.

Baca juga : NOTES FROM THAILAND

BERANGKAT KE TIMUR TENGAH
Timur tengah banyak sekali mendatangkan TKI, Diantaranya tenaga untuk proyek konstruksi, negara-negara di Timur Tengah seperti ; Arab Saudi, Qatar, UAE, Oman, Bahrain Dan Yaman, tidak pernah kosong dengan proyek-proyek kilangnya.Ratusan Insulator Indramayu mengais rezeki disana.Gaji di Timur Tengah umumnya tidak besar, Tapi ribuan TKI berdatangan kesana untuk mencari riyal  dan dirham. Di Timur Tengah cuacanya sangat extrim , jadi kalu gak sabar-sabar amat, pasti gak betah dan ujung-ujungnya minta pulang. Tapi kerja disana ada juga enaknya ; Ibadah kita nyaman karena disana lingkunganya sangat relijius .Apalagi yang di Arab saudi kita bisa sekalian Umroh ataupun Haji , kalau kita umrohnya dari negara Indonesia berapa banyak biayanya , Jadi mumpung dekat dengan mekah, jadi kesempatan ini gak boleh di sia-siakan. Biasanya kontrak kerja di Timur-Tengah adalah 1 sampai 2 tahun, jadi yang bekerja disana semuanya Bang Toyib, karena jarang pulang. Tapi ada juga kuli proyek  yg gajinya besar, yaitu di proyek Thailand sbg TUKANG TEPLOK.

BERANGKAT KE ; EROPA, AMERIKA DAN AFRIKA
 Orang-orang proyek itu berkelana tidak hanya di negara tetangga aja , bahkan sampai ke negara Amerika Latin, Algeria, Nigeria, Sudan. Tapi dinegara-negara ini tidak begitu banyak TKI kesana dibandingkan ke Timur tengah dan Malasia , Di karenakan beberapa sebab , diantaranya ; Susahnya ngurus Visa, Bangsa Indonesia sudah di cap Teroris , dan ada negara-negara saingan seperti Pilipina dan India. Pilipina mau masuk kenegara mana aja bisa , Ditunjang dengan skill bahasa asing mereka yang sudah diakui Dunia . Contohnya Negara Australi disana banyak sekali proyek dan banyak lowongan kerja bidang apa aja , tetapi Bangsa kita agak kesulitan nembus kesana , sedangkan negara-negara tetangga seperti Pilipina, Malasia , Singapore mudah sekali masuk kesana . Padahal bekerja di Australia itu prospeknya sangat bagus walaupun sebagai Kuli Proyek, Karena belum ada negara lain yang menandingi besarnya gaji disana. Mungkin kalau hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia membaik  dengan sebenar-benarnya , kejadianya akan  lain . Dan satu hal lagi yang bikin  susah , Setiap orang yang masuk ke Australi untuk bekerja disana , harus di Tes Bahasa Inggris dulu, Tanpa kecuali ,orang Bule sekalipun.

Insulator Indramyu itu memang ngetop , perusahaan solasi mana aja pasti mengakui keunggulan kita, baik cara kerjanya , Qualitasnya, dan juga  Progresnya. Kita sering bareng satu proyek  dengan daerah lain juga dengan bangsa lain dan kami tetap unggul .Itu semua  karena persaingan di tempat kami begitu ketat .

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "INSULATOR ASAL INDRAMAYU DIAKUI DUNIA"

Post a Comment